Inilah Daftar Objek Wisata Unggulan di Kota Jayapura, Silakan Cek

Sabtu, 18 Februari 2023 – 07:25 WIB
Inilah Daftar Objek Wisata Unggulan di Kota Jayapura, Silakan Cek - JPNN.com Papua
Pantai Hamadi di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, menjadi salah satu tempat wisata yang dikunjungi warga. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Sebagai kota yang tidak memiliki tambang seperti daerah lain di Papua, Jayapura cenderung hanya mengandalkan sektor pariwisata, perdagangan, dan jasa untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Meski begitu, negeri berjuluk Port Numbay yang juga dikenal sebagai kota pendidikan ini memiliki keindahan alam. Manakala potensi ini dikelola dan dikembangkan, berpotensi besar meningkatkan PAD kota transit tersebut.

Sektor pariwisata Kota Jayapura menjadi salah satu primadona yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke wilayah itu.

Objek wisata seperti Pantai Base-G, Pantai Hamadi, Holtekam, Hutan Mangrove, Bukit Jokowi, dan yang saat ini akan dikembangkan yakni air panas di Koya Barat, Distrik Muara Tami, bakal menjadi tujuan wisatawan Papua maupun dari luar provinsi.

Sejauh ini pengembangan wisata pantai dan wilayah konservasi hutan mangrove di sepanjang Pantai Hamadi hingga Holtekam oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura tanpa merusak lingkungan. Objek wisata ini menjadi lokasi baru yang bisa dikunjungi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua Matias Mano menyatakan pihaknya berharap ke depan masyarakat adat setempat tidak menjual lahan terutama di area sekitar tempat wisata.

Selain untuk menjaga ekosistem atau keseimbangan alam,  kepemilikan lahan itu juga untuk anak cucu mereka, agar pada masa mendatang bisa menikmatinya. Selai itu, lahan tersebut juga memberikan penghidupan bagi masyarakat.

Salah satu contoh pengembangan pariwisata yang telah Dinas Pariwisata Jayapura bangun adalah Jembatan Geramba di Pantai Yehur atau sering dikenal dengan sebutan Pantai Bebek.

Sektor pariwisata Kota Jayapura menjadi salah satu primadona yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke wilayah itu.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia