Dinkes Jayapura Mencatat 76 Persen OAP Terlayani BPJS Kesehatan

Jumat, 17 Februari 2023 – 08:47 WIB
Dinkes Jayapura Mencatat 76 Persen OAP Terlayani BPJS Kesehatan - JPNN.com Papua
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII Kantor Cabang Jayapura bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI 2023 di Sentani, Kamis (16/2/2023). Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua mencatat 76 persen Orang Asli Papua (OAP) di wilayah itu sudah terlayani BPJS Kesehatan.

"Dari 76 persen tersebut diperoleh gambaran bahwa lebih dari 50 persen adalah warga OAP marga bukan Kabupaten Jayapura dan 20-25 persen adalah warga OAP marga Kabupaten Jayapura," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang.

Dia mengatakan itu dalam acara sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII Kantor Cabang Jayapura bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI 2023, di Sentani, Kamis.

Menurut Edward, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui RSUD Yowari tercatat telah melayani 76 ribu pasien BPJS Kesehatan di sepanjang tahun.

"Data itu menunjukkan bahwa RSUD Yowari bukan saja milik Kabupaten Jayapura namun telah menjadi sarana kesehatan yang dapat membantu banyak masyarakat dari lintas kabupaten," ujarnya.

Dengan demikian kata dia, beban Kabupaten Jayapura juga cukup besar dalam memberikan peran pembangunan bagi Provinsi Papua.

"Tentunya beban ini perlu ada kolaborasi yang lebih luas baik Pemerintah Provinsi, pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan sehingga masyarakat yang datang hendak menerima layanan kesehatan di wilayah Kabupaten Jayapura, dapat menerima secara baik," katanya lagi.

Dia menjelaskan dalam rilis media BPJS Kesehatan pada 2023, Papua tercatat peningkatan kepesertaan dari 60,84 persen menjadi 88,78 persen dan khusus di Kabupaten Jayapura diakui dalam data BPJS Kesehatan empat kolom masih masuk dalam Universal Health Converage (UHC).

Dinkes Kabupaten Jayapura, Papua mencatat 76 persen Orang Asli Papua (OAP) di wilayah itu sudah terlayani BPJS Kesehatan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia