Keren, IPM Kota Jayapura Tertinggi di Indonesia

Senin, 07 Agustus 2023 – 18:08 WIB
Keren, IPM Kota Jayapura Tertinggi di Indonesia - JPNN.com Papua
Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof Eko Prasojo. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Universitas Indonesia (UI) menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Jayapura, Papua saat ini berada di angka 80 persen atau tertinggi di Indonesia karena IPM secara nasional sebesar 78 persen.

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof Eko Prasojo di Jayapura, Senin, mengatakan secara umum dari tujuh indikator makro empat indikator sudah dicapai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

“Yang sudah tercapai dan telah dikerjakan oleh Pemkot Jayapura seperti mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," katanya.

Dia mengatakan hal itu saat Pemaparan laporan akhir evaluasi hasil pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Jayapura 2025-2025 di Jayapura, Senin (7/8).

Menurut Eko, hal tersebut menjadi dasar Pemkot Jayapura untuk menyusun RPJPD 20 tahun ke depan.

"Kami optimistis capaian 20 tahun ke depan Kota Jayapura akan makin maju,” ujarnya.

Dia menjelaskan kunci untuk mencapai semua indikator pembangunan ada pada perencanaan dan penganggaran sehingga dampaknya benar-benar dirasakan masyarakat.

"Kemudian ada juga manajemen data dan informasi yang baik serta konsistensi indikator kinerja pembangunan juga sangat penting,” katanya.

UI menyebutkan IPM Kota Jayapura, Papua saat ini berada di angka 80 persen atau tertinggi di Indonesia karena IPM secara nasional sebesar 78 persen.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News