BPKAD Kota Jayapura Sebut Jumlah Anggaran Pilkada 2024, Simak

Jumat, 01 Maret 2024 – 06:50 WIB
BPKAD Kota Jayapura Sebut Jumlah Anggaran Pilkada 2024, Simak - JPNN.com Papua
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Papua Desi Wanggai menyebutkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 di daerah tersebut sebesar Rp 90 miliar. Ilustrasi/foto: Dokumentasi JPNN.com/Ricardo

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Papua, Desi Wanggai menyebutkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 di daerah tersebut sebesar Rp 90 miliar.

"Kami telah menganggarkan tahap pertama sebesar 40 persen atau Rp26 miliar melalui APBD Perubahan 2023 dan pada 2024 kami anggarkan 60 persen atau Rp 64 miliar," kata Desi Wanggai di Jayapura, Kamis (29/2).

Menurut Wanggai, mekanisme pencairan anggaran pilkada di daerah itu terbagi di mana 50 persen akan dicairkan lima bulan sebelum pilkada kemudian 10 persen sebulan sebelum pelaksanaan Pilkada 2024.

"Anggaran untuk pilkada diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura, Bawaslu dan TNI-Polri yaitu Polresta Kota Jayapura dan Kodim 1701/Jayapura," ujar Wanggai.

Dia menjelaskan dengan adanya pengalokasian dana hibah tersebut maka anggaran pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura akan dipangkas sebesar 20 persen.

"Pilkada merupakan agenda yang harus kami sukseskan sehingga kami harus memangkas anggaran di setiap OPD untuk memberikan hibah ke KPU dan Bawaslu sebagai pihak penyelenggara pilkada," katanya.

Dia menambahkan pengalokasian dana hibah ke KPU dan Bawaslu sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga pihaknya mengalokasikan anggaran kepada KPU dan Bawaslu serta TNI-Polri.

"Kami akan mencairkan anggaran sesuai waktu yang ditentukan sehingga penyelenggaraan pilkada di Kota Jayapura dapat berjalan lancar," ujar Wanggai.(antara/jpnn)

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Papua Desi Wanggai menyebutkan jumlah anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024 di daerah.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia