Ormas Berperan Memperkuat Demokrasi di Indonesia

Rabu, 25 Oktober 2023 – 08:28 WIB
Ormas Berperan Memperkuat Demokrasi di Indonesia - JPNN.com Papua
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mimika menggelar kegiatan penyusunan bahan perumusan kebijakan di bidang pendaftaran ormas, pemberdayaan ormas, evaluasi dan mediasi sengketa ormas dan ormas asing serta pengisian data pada aplikasi pada Selasa 24/10/2023 di Timika. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, TIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan organisasi masyarakat (ormas) berperan memperkuat demokrasi di Indonesia.

Staf Ahli Bupati Mimika Marthen Melisa mengatakan pemerintah daerah berkomitmen mendorong dan meneguhkan peran ormas dalam keseharian bermasyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

"Pemerintah daerah dan kita semua berkewajiban untuk saling menjaga stabilitas di Kabupaten Mimika yang aman, tertib serta bermoral," kata Marthen Melisa di Timika, Selasa (24/10).

Menurut Marthen, menyikapi kondisi yang sedang terjadi di negara ini berhadapan dengan banyak tantangan, dan ormas berfungsi sebagai sarana komunikasi guna memperkuat demokrasi di Indonesia.

“Aspek penguatan ormas merupakan tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah daerah, pemuka ormas dan seluruh komponen masyarakat," ujar Marthen.

Dia menjelaskan pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari bersama kita jaga keutuhan NKRI dari timur Indonesia, menjadikan negara yang aman dan tentram mulai dari Kabupaten Mimika," ujar Marthen.

Dia menambahkan setiap ormas yang bergerak di daerah ini harus jelas legalitasnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Pemkab Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan organisasi masyarakat (ormas) berperan memperkuat demokrasi di Indonesia.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia