Pemkab Mimika: PT Freeport Indonesia Solusi Menekan Angka Pencari Kerja di Timika

Jumat, 08 Desember 2023 – 15:02 WIB
Pemkab Mimika: PT Freeport Indonesia Solusi Menekan Angka Pencari Kerja di Timika - JPNN.com Papua
Penyerahan sertifikat kelulusan dari perwakilan corporate communication PTFI bagi siswa pelatihan dan magang pada Institute Pertambangan Nemangkawi. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, TIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyatakan kehadiran PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pencari kerja (pencaker) di Kota Timika.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika Paulus Yanengga mengatakan pihaknya memberikan apresiasi bagi PTFI melalui Institut Pertambangan Nemangkawi yang konsisten melakukan pelatihan bagi tenaga kerja Orang Asli Papua (OAP) di daerah tersebut.

"Pelatihan dalam bentuk magang yang diselenggarakan ini sangat baik untuk membentuk mental para pencari kerja guna memasuki dunia kerja nantinya," kata Paulus di Timika, Jumat (8/12).

Menurut dia, PTFI merupakan mitra kerja utama Pemerintah Kabupaten Mimika dalam menekan angka pencari kerja di daerah tersebut.

"Pelatihan magang kerja sangat membantu para pencari kerja dalam meningkatkan keterampilan kerja dan memiliki mental pekerja yang tangguh," ujarnya.

General Superintendent Nemangkawi Mining Institute Susan Kambuaya menjelaskan ada sebanyak 32 siswa magang diwisuda karena telah menyelesaikan masa pelatihan dan magang di Institut Pertambangan Nemangkawi.

"ini merupakan program pelatihan plus magang kerja selama 11 bulan, terbagi pada enam bulan materi dan lima bulan magang kerja di industri atau perusahaan," katanya.

Siswa yang mengikuti pelatihan dan magang, Moonkiran Worisio menambahkan saat diterima magang pada Institut Pertambangan Nemangkawi dirinya memilih untuk cuti kuliah dan mengikuti pelatihan selama 11 bulan penuh.

Pemkab Mimika, Papua Tengah menyatakan kehadiran PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pencari kerja di Kota Timika.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia