Paulus Waterpauw: Konsumsi Pangan Lokal Meredam Gejolak El Nino

Senin, 16 Oktober 2023 – 08:54 WIB
Paulus Waterpauw: Konsumsi Pangan Lokal Meredam Gejolak El Nino - JPNN.com Papua
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw saat ditemui awak media di Manokwari. Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan mengonsumsi pangan lokal seperti sagu, keladi, dan singkong mampu meredam gejolak perubahan iklim akibat badai El Nino.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah terus berupaya agar masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk membudidayakan komoditas pangan lokal sehingga tidak mengalami ketergantungan terhadap beras.

"Beberapa negara pengimpor beras sudah mulai menghentikan aktivitas impor. Makanya, mari kita tanam komoditas lokal supaya bisa dikonsumsi sehari-hari," kata Paulus Waterpauw di Manokwari, Minggu (15/10).

Menurut dia, pembudidayaan pangan lokal mampu beradaptasi dengan lingkungan sekaligus memberikan efek positif terhadap kesehatan karena pangan lokal merupakan produk organik.

Beberapa komoditas pangan lokal dari Papua Barat telah diikutsertakan dalam berbagai pameran perdagangan baik dalam maupun luar negeri sejak tahun 2022 hingga 2023.

"Bahkan produk pangan lokal seperti cokelat dari Kabupaten Manokwari Selatan dan buah pala dari Fakfak sudah menembus pasar internasional," kata Waterpauw.

Gubernur menuturkan langkah yang dilakukan guna mengantisipasi El Nino adalah pemantauan ketersediaan air, menyiapkan dan menghitung produktivitas tanaman sumber pangan, meningkatkan budidaya tanaman pangan, dan mengintervensi daerah yang diprediksi terjadi kekeringan.

Pemerintah provinsi terus meningkatkan sinergi kolaborasi dengan tujuh pemerintah kabupaten di Papua Barat, demi mengoptimalkan implementasi upaya mengantisipasi dampak El Nino.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan mengonsumsi pangan lokal mampu meredam gejolak perubahan iklim akibat badai El Nino.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia