Pemprov Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Perkampungan

Sabtu, 02 September 2023 – 08:41 WIB
Pemprov Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Perkampungan - JPNN.com Papua
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meresmikan jalan lingkungan sepanjang 1,3 kilometer di Kampung Wariori, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Jumat (1/9). Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Pemerintah Provinsi Papua Barat memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar di wilayah perkampungan seperti jalan, jembatan, dan sanitasi demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan pengembangan potensi kampung akan berjalan maksimal jika ditunjang dengan infrastruktur yang memadai karena berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat kampung.

“Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo, pemerintah daerah harus membangun dari pinggiran,” kata Paulus Waterpauw di Manokwari, Jumat (1/9).

Saat ini, kata dia, pemerintah provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jalan lingkungan sepanjang 1,3 kilometer di Kampung Wariori, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

Pembangunan infrastruktur jalan tersebut dilakukan secara bertahap ke enam kabupaten lainnya yakni Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, dan Fakfak.

“Pembangunan terus berlanjut dan tentu secara bertahap karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan skala prioritas kebutuhan kampung," ujar Waterpauw.

Selain jalan lingkungan, kata dia, pemerintah provinsi juga telah membangun 144 cubluk atau jamban sehat bagi masyarakat yang tersebar pada tiga kampung di Kabupaten Manokwari.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah menekan prevalensi kasus balita gagal tumbuh akibat kurang gizi atau stunting sehingga generasi muda Papua Barat makin berdaya saing.

Pemerintah Provinsi Papua Barat memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar di wilayah perkampungan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News