TPID Papua Barat Bersiap Hadapi Dampak El Nino, Begini Caranya

Selasa, 05 September 2023 – 09:06 WIB
TPID Papua Barat Bersiap Hadapi Dampak El Nino, Begini Caranya - JPNN.com Papua
Asisten II Setda Provinsi Papua Barat Melkias Werinussa saat ditemui awak media, di Manokwari, Selasa (5/9/2023). Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua Barat bersiap menghadapi dampak perubahan iklim El Nino.

Salah satu caranya adalah berupaya menjaga ketersediaan stok bahan pangan.

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Melkias Werinussa mengatakan langkah strategis yang dirumuskan oleh TPID meliputi peningkatan produksi beras, menggelorakan gerakan menanam tanaman pangan lokal, dan menjaga rantai distribusi kebutuhan pokok.

"Semua upaya bisa berjalan maksimal jika provinsi dan kabupaten saling bersinergi," kata Melkias di Manokwari, Selasa (5/9).

Dia menjelaskan TPID juga merekomendasikan subsidi transportasi darat antarkabupaten untuk melancarkan distribusi bahan pangan.

Hal itu berkaitan dengan salah satu komoditas penyumbang inflasi tahunan Manokwari pada Agustus 2023 adalah bahan bakar minyak (BBM) dengan andil 0,44.

"Subsidi BBM supaya meringankan beban masyarakat, sekaligus menjaga arus distribusi," ujar dia.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat Roni Cahyadi menuturkan perluasan tanaman pangan yang diikuti dengan gerakan menanam berdampak positif terhadap ketersediaan pasokan pangan untuk jangka panjang.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua Barat bersiap menghadapi dampak perubahan iklim El Nino.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia