Pemkab Jayapura Dorong Masyarakat 139 Kampung Membudidayakan Tanaman Sagu

Kamis, 11 Januari 2024 – 19:40 WIB
Pemkab Jayapura Dorong Masyarakat 139 Kampung Membudidayakan Tanaman Sagu - JPNN.com Papua
Ilustrasi: Pohon sagu yang tumbuh di Hutan Desa di Kampung Sira, Sorong Selatan, Papua Barat. Foto: ANTARA News/Monalisa

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendorong pada 2024 masyarakat di 139 kampung di daerah tersebut untuk terus membudidayakan tanaman sagu sebagai salah satu bahan pangan sumber karbohidrat yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar.

“Sagu ini kami anjurkan untuk terus dipelihara keberadaannya sehingga masyarakat bisa mengonsumsinya dan tidak terlalu tergantung pada beras,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David Zakaria di Sentani, Kamis (11/1).

Menurut David, makanan lokal seperti sagu, jagung dan umbi-umbian banyak mengandung gizi dan renda gula.

“Jadi, kalau masyarakat yang mengonsumsi makanan lokal maka tubuhnya akan sehat. Namun, juga membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi saat ini yang harga beras kadang naik membuat sebagian masyarakat agak kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami siap, kalau ada masyarakat yang membutuhkan bibit pohon sagu maka akan disiapkan dalam menjaga kelestarian hutan serta menjaga sumber pangan," katanya.

Dia menambahkan pembangunan yang terjadi saat ini dan kerap merusak habitat sagu, maka sumber pangan lokal makin terkikis.

“Kalau boleh pembangunan bisa terus berjalan tetapi jangan merusak hutan sagu, karena itu merupakan sumber pangan masyarakat Papua,” ujar David.(antara/jpnn)

Pemkab Jayapura mendorong pada 2024 masyarakat di 139 kampung di daerah tersebut untuk terus membudidayakan tanaman sagu.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News