Pemkab Mimika Memberikan Kemudahan Akses Kepada Pelaku UMKM

Senin, 02 Oktober 2023 – 11:41 WIB
Pemkab Mimika Memberikan Kemudahan Akses Kepada Pelaku UMKM   - JPNN.com Papua
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Petrus Yumte. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, TIMIKA - Pagi itu Pasar Sentral Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, sangat ramai tidak seperti hari biasanya.

Hari itu 19 September 2023, ada kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan. Pukul 07.30 WIT rombongan tiba di Pasar Sentral Timika yang berada di Jalan Hasanuddin, Kelurahan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru.

Cuaca Kota Timika ketika itu sedikit mendung. Meski demikian, senyuman dan sapaan hangat para pedagang, pembeli maupun masyarakat menyambut kehadiran Mendag.

Mereka tampak antusias menyambut kehadiran Mendag yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di daerah ini.

Melewati lapak demi lapak dari para pedagang, Mendag melihat barisan rapi para perajin Noken yang mayoritas yakni mama-mama asli Papua. Mendag menghampiri dan menyapa mama-mama para perajin itu.

Hasil kerajinan tangan terampil mama-mama Papua yang digantungkan di lapak khusus, memberi warna tersendiri karena dengan leluasa Mendag maupun pembeli melihatnya.

“Luar biasa mama-mama Papua, dengan tangan terampil dan telaten mereka merajut Noken yang merupakan bagian dari budaya dan tradisi Papua,” kata Zulkifli Hasan.

Di Pasar Sentral Timika, Pemerintah Kabupaten Mimika menyediakan sebuah lapak khusus bagi para perajin mama-mama asli Papua untuk melakukan aktivitas penjualan hasil kerajinannya.

Pemkab Mimika berupaya memberikan kemudahan akses bagi para pelaku UMKM guna mendukung setiap aktivitas produksinya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia