Pemprov Papua Barat Dorong Produk UMKM Lokal Berdaya Saing Global

Senin, 08 Mei 2023 – 20:13 WIB
Pemprov Papua Barat Dorong Produk UMKM Lokal Berdaya Saing Global - JPNN.com Papua
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw membeli produk cokelat Ransiki pada pameran akbar UMKM di Lapangan Borarsi, Kabupaten Manokwari, Senin (8/5). Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menggenjot peningkatan kualitas produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di wilayah itu agar memiliki daya saing yang tinggi di pasar global.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan dalam upaya peningkatan kualitas UMKM maka pemerintah provinsi akan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Bank Indonesia terutama dalam hal pembinaan.

Produk UMKM bagus-bagus, tetapi perlu pembinaan supaya kualitasnya lebih meningkat," ucap Waterpauw di Manokwari, Senin (8/5).

Dia menjelaskan pameran akbar UMKM yang diselenggarakan di Manokwari selama tiga hari dari tanggal 8 Mei hingga10 Mei 2023 merupakan wujud nyata dukungan pemerintah bagi pengembangan produk UMKM lokal.

Pameran tersebut juga, katanya, merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI) tahun 2023.

"Kita harus bangga dengan hasil karya anak negeri. Kita manfaatkan momen ini untuk mendukung pelaku UMKM," ucap Waterpauw.

Selain itu, kata dia, Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar belanja APBD lebih diprioritaskan pada produk dalam negeri untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Oleh sebabnya, peningkatan kualitas produk UMKM lokal diharapkan mampu menjawab permintaan pasar khususnya belanja barang dan jasa pada instansi pemerintah daerah.

Pemprov Papua Barat menggenjot peningkatan kualitas produk UMKM lokal di wilayah itu agar berdaya saing di pasar global.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News