Panitia Sail Teluk Cenderawasih Diminta Siapkan UMKM Kopi Unggulan

Kamis, 25 Mei 2023 – 21:25 WIB
Panitia Sail Teluk Cenderawasih Diminta Siapkan UMKM Kopi Unggulan - JPNN.com Papua
Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua Juli Budi Winantya saat menikmati kopi Papua, pada festival kopi Papua, Rabu (24/5). Foto: ANTARA/Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta panitia Sail Teluk Cenderawasih (STC) mempersiapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kopi sehingga komoditas unggulan tersebut bisa lebih terkenal.

“Kami tadi sudah sampaikan ke panitia kalau bisa nanti disiapkan UMKM terutama kopi pada kegiatan STC karena itu waktu kegiatan cukup panjang,” kata Ridwan di Jayapura, Kamis (25/5).

Menurut Ridwan, pada kegiatan STC pengunjung yang datang dari berbagai negara sehingga bisa melihat, mencoba dan membeli dalam jumlah yang banyak.

“Cita rasa kopi Papua tidak kalah saing dengan kopi-kopi lainnya sehingga memiliki ciri khas tersendiri ketika orang meminumnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan kini kesiapan sedang diupayakan di mana ada beberapa kegiatan sebelum menuju ke STC.

Kegiatan tersebut dilakukan pada empat kabupaten penyelenggara, yakni Kabupaten Sarmi, Kepulauan Yapen, Waropen, Supiori, Biak.

“Semua persiapan sudah matang dan teman-teman dari Kementerian pariwisata juga ikut memantau persiapan sejauh mana persiapan. Sehingga tim kolaborasi yang terdiri dari Kementerian, Provinsi Papua dan kabupaten sekitar teluk Cenderawasih,” katanya.

Menurut Ridwan, untuk itu tim atau panitia tersebut pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi agar bisa menjual produk-produk lokal pada pelaksanaan tersebut.

Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta panitia Sail Teluk Cenderawasih (STC) mempersiapkan UMKM yang bergerak di bidang kopi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia