Kabar Terbaru dari Pemkab Teluk Wondama Soal Pembangunan Bandara Baru

Selasa, 19 September 2023 – 05:29 WIB
Kabar Terbaru dari Pemkab Teluk Wondama Soal Pembangunan Bandara Baru - JPNN.com Papua
Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor saat memotong tumpeng pada perayaan Hari Perhubungan di Wasior, Senin (18/9/2023). Foto: ANTARA/HO-ZACK TONU B

papua.jpnn.com, TELUK WONDAMA - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menyampaikan berita terkini soal pembangunan bandara baru di wilayah tersebut.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan pihaknya telah melengkapi seluruh dokumen teknis yang diperlukan sebagai syarat pembangunan bandara baru.

Menurut Hendrik, dokumen yang jadi tanggung jawab pemerintah daerah sudah siap, termasuk dokumen yang berkaitan dengan tanah yang dijadikan lokasi bandara.

“Sekarang tinggal dua dokumen yang membutuhkan dukungan dari Menteri Perhubungan yaitu penandatanganan masterplan (rencana induk) pembangunan bandara baru I.S.Kijne dan juga penetapan lokasi,” kata Mambor pada Senin (18/9).

Dia berharap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera menandatangani dokumen masterplan dan penetapan lokasi sehingga pembangunan fisik bandara baru bisa segera dimulai.

Menurut dia, pembangunan bandara berlokasi di Mawoi, Kampung Dotir Distrik Wasior dengan luas 280 hektare tersebut telah lama dinantikan pemerintah dan masyarakat Teluk Wondama.

Dia menjelaskan pembangunan bandara baru yang dinamai Bandara I.S. Kijne adalah janji Presiden Joko Widodo kepada masyarakat Teluk Wondama saat berkunjung ke Wasior meresmikan Pelabuhan Wasior pada 2016.

Pemkab Teluk Wondama kemudian menindaklanjuti instruksi kepala negara itu dengan memilih lahan pembangunan bandara setelah melalui serangkaian tahapan terutama dalam urusan pengadaan tanah.

Pemkab Teluk Wondama, Papua Barat menyampaikan kabar terbaru soal pembangunan bandara baru di wilayah tersebut.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News