Ribuan Umat Muslim Sorong Selatan Salat Idulfitri di Bandara Teminabuan

Rabu, 10 April 2024 – 07:25 WIB
Ribuan Umat Muslim Sorong Selatan Salat Idulfitri di Bandara Teminabuan - JPNN.com Papua
Ribuan umat Muslim Sorong Selatan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Bandara Teminabuan, Rabu (10/4/2024). Foto: ANTARA/Paulus Pulo

papua.jpnn.com, SORONG SELATAN - Ribuan umat Muslim di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya melakukan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Bandar Udara (Bandara) Teminabuan, Rabu (10/4/2024).

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli mengatakan Idulfitri bukan seperti turnamen sepak bola atau kompetisi yang kemenangannya harus dirayakan dengan euforia dan penuh kebanggaan.

Dia menyebut kemenangan Idulfitri adalah ketika kita berhasil meraih kematangan spiritual dan sosial setelah satu bulan penuh digembleng dan dididik di madrasah Ramadan.

Secara spiritual, kata dia, selama Ramadan umat Muslim telah melakukan serangkaian ibadah, mulai dari puasanya sendiri maupun ibadah-ibadah sunah di dalamnya seperti Shalat Tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan beriktikaf.

"Sudah seharusnya jika melalui bulan suci ini dengan maksimal dan melaksanakan beragam amalan di dalamnya, kita akan merasakan sentuhan dan pencapaian spiritual setelah bulan suci Ramadan ini berlalu," kata Samsudin di Teminabuan, Rabu (10/4).

Dia mengatakan tepat pada Idulfitri, semua telah selesai melaksanakan Rukun Islam yang ketiga dan keempat, yakni ibadah puasa di bulan suci Ramadan sekaligus melaksanakan ibadah sunah di dalamnya serta membayar zakat.

"Kemudian, pasca-kita meraih momen kemenangan ini, apa yang harus kita perbuat, apakah berbangga diri dengan pencapaian spiritual yang telah dicapai, atau merayakannya dengan penuh kebahagiaan," kata Samsudin.

Dia mengatakan ibadah selama Ramadhan sudah selesai dan untuk selanjutnya umat Muslim harus menanamkan prinsip khauf dan raja.

Ribuan umat Muslim di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya melakukan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Bandar Udara (Bandara) Teminabuan, Rabu.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia