Pemkab Teluk Wondama Membangun Rumah Sakit Pertama di Luar Ibu Kota Kabupaten

Minggu, 15 September 2024 – 08:19 WIB
Pemkab Teluk Wondama Membangun Rumah Sakit Pertama di Luar Ibu Kota Kabupaten - JPNN.com Papua
Rumah Sakit (RS) Pratama Nikiwar, Teluk Wondama. Foto: ANTARA/Ali Nur Ichsan

papua.jpnn.com, WASIOR - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat membangun rumah sakit (RS) pertama yang berlokasi di luar ibu kota kabupaten, yakni di Distrik (Kecamatan) Nikiwar.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan RS tersebut diberi nama RS Pratama Nikiwar untuk mempermudah akses layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan, terutama masyarakat di belahan Utara Kabupaten Teluk Wondama.

“Pendirian RS ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami bersama Wakil Bupati (Andarias Kayukatuy) untuk memastikan seluruh rakyat Teluk Wondama tanpa terkecuali mendapatkan akses layanan kesehatan yang merata dan berkualitas," kata Mambor di Wasior, Sabtu (14/9/2024).

Kabupaten Teluk Wondama saat ini baru memiliki satu RS, yakni RSUD dr Alberth Torey di Kota Wasior yang juga menjadi satu-satunya RS rujukan untuk semua distrik/kecamatan.

Kondisi geografis Teluk Wondama yang cukup luas dan menantang dimana sebagian besar perkampungan berada di pesisir dan kepulauan, juga pedalaman membuat sebagian besar warga Wondama kesulitan mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

Pemkab perlu mengambil inisiatif dengan memperjuangkan berdirinya RS Pratama di Distrik Nikiwar sehingga bisa memudahkan masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik.

RS Pratama Nikiwar dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh ke RSUD dr Alberth Torey di ibu kota kabupaten.

"Artinya, kalau ada kasus tertentu paling tidak masyarakat mendapatkan pelayanan dulu baru dirujuk ke RSUD Alberth Torey atau ke Manokwari, yang penting di sini bisa ditolong dulu dengan cepat," ujarnya.

Pemkab Teluk Wondama, Papua Barat membangun rumah sakit (RS) pertama yang berlokasi di luar ibu kota kabupaten, yakni di Distrik (Kecamatan) Nikiwar.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia