Membangun Karakter Positif Anak Sejak Usia Dini Melalui Momen Paskah

Senin, 10 April 2023 – 08:57 WIB
Membangun Karakter Positif Anak Sejak Usia Dini Melalui Momen Paskah - JPNN.com Papua
Anak-anak mengikuti perkemahan Paskah 2023. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, SENTANI - Membentuk karakter positif pada anak harus di mulai sejak usia dini. Sebab pendidikan karakter membutuhkan keteladanan dari perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dibangun secara instan.

Usia dini merupakan masa persiapan untuk sekolah yang sesungguhnya sehingga pembentukan karakter yang baik di usia dini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

“Pembentukan karakter sejak usia dini sangat penting agar anak memiliki mental yang tangguh saat menghadapi tantangan, perubahan, dan situasi tertentu pada masa yang akan datang,” kata Kepala Sekolah PAUD Mutiara Sion Sentani Dewi Katante Siregar seperti dilansir Antara, Minggu (9/4).

Pembentukan karakter pada dasarnya merupakan hasil pemahaman dari hubungan yang dialami setiap manusia, yaitu hubungan dengan diri sendiri, dengan lingkungan, dan dengan Tuhan.

Pemahaman negatif akan berimbas pada perilaku yang negatif dan pemahaman yang positif akan berimbas pada perilaku yang positif.

Keberhasilan dari membangun karakter anak dalam pendidikan anak usia dini dapat diketahui dari perilaku sehari-hari yang tampak yakni kesabaran, kejujuran, kemandirian, kepedulian, mematuhi peraturan, dan menghargai sesama.

“Gereja juga memiliki kewajiban dalam pembentukan karakter yang positif pada anak-anak sejak dini sehingga mereka bertumbuh menjadi generasi yang tangguh dan beriman,” kata Ketua Persekutuan Anak dan Remaja GKI Filadelfia Nolokla Jenny Kobe Bonay.

Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara Sion Sentani menggelar perkemahan dalam rangka perayaan Paskah 2023 dengan diikuti 41 siswa dari kota setempat dan siswa pedalaman Pegunungan Bintang Provinsi Papua Pegunungan.

Pembentukan karakter sejak usia dini sangat penting agar anak memiliki mental yang tangguh saat menghadapi tantangan, perubahan, dan situasi pada masa depan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News