Umat Katolik di Manokwari Gelar Tablo Jalan Salib pada Jumat Agung

Sabtu, 30 Maret 2024 – 09:48 WIB
Umat Katolik di Manokwari Gelar Tablo Jalan Salib pada Jumat Agung - JPNN.com Papua
Orang Muda Katolik Paroki Imanuel Sanggeng Manokwari menggelar tablo kisah sengsara penyaliban Yesus Kristus pada Jumat Agung di Manokwari, Papua Barat. Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Umat Katolik di Kabupaten Manokwari, Papua Barat menggelar tablo Jalan Salib pada Jumat Agung guna memperingati kisah sengsara Yesus Kristus hingga wafat di kayu salib.

“Penyelenggaraan tablo Jalan Salib bermaksud mengenang kisah sengsara Tuhan Yesus Kristus,” kata Pastor Paroki Imanuel Sanggeng Manokwari Pater Philipus Sedik, OSA di Manokwari, Jumat (29/3).

Sebagai umat Katolik, kata dia, pengorbanan Yesus Kristus untuk menebus dosa dan kesalahan umat manusia harus diimani dengan memperbaiki perilaku dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Visualisasi Jalan Salib yang diperankan oleh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Imanuel Sanggeng merupakan rangkaian dari perayaan Tri Hari Suci Paskah dimulai pada Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci.   

“Tuhan Yesus rela wafat di kayu salib demi penebusan dosa. Mari semua umat Katolik memaknai dengan tidak lagi berbuat kesalahan,” pesan Pater Philipus.

Sebelum perayaan Paskah, menurut dia, seluruh umat Katolik terlebih dahulu menjalani masa Pra-Paskah sebagai upaya memperbaharui hidup sekaligus merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus.

Oleh sebab itu, tradisi tablo Jalan Salib yang kemudian diikuti dengan perayaan Jumat Agung harus diaplikasikan umat Katolik melalui sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

"Mari sama-sama menyadari bahwa sudah saatnya kita bertobat dan hidup lebih baik lagi sebagai orang-orang Katolik yang mencintai sesama umat manusia,” ucap Pater Philipus.

Umat Katolik di Kabupaten Manokwari menggelar tablo Jalan Salib pada Jumat Agung guna memperingati kisah sengsara Yesus Kristus hingga wafat di kayu salib.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia