DKP Papua Sinkronkan Program Bersama 3 Provinsi DOB

Kamis, 24 November 2022 – 19:04 WIB
DKP Papua Sinkronkan Program Bersama 3 Provinsi DOB - JPNN.com Papua
Suasana pembukaan rapat forum koordinasi OPD DKP Provinsi Papua pada salah satu hotel di Kota Jayapura, Papua, Rabu (23/11/2022). Foto: ANTARA/ Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua melakukan sinkronisasi, konsolidasi dan koordinasi terkait perencanaan pembangunan kelautan dan perikanan pada tiga provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan melibatkan Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal mengatakan kegiatan tersebut merupakan momentum untuk bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat tentang pentingnya ikan sebagian bahan pangan.

“Selain juga dengan sinkronisasi, konsolidasi dan koordinasi tersebut dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan sebagai sumber protein utama sehingga mewujudkan generasi unggul calon penerus bangsa,” kata Iman seperti dilansir antara, Kamis (24/11).

Menurut Iman, kegiatan Forum Koordinas OPD kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor unggulan Papua yang mana tadinya secara kolektif bersama kemudian harus dipisahkan dengan adanya kebijakan DOB.

“Ini yang harus kami tahu bagaimana nanti pelaksanaan ke depan karena beberapa kebijakan yang diambil terutama dalam penganggaran kegiatan pada 2023 mendatang,” ujar Iman.

Dia menjelaskan pihaknya memiliki 19 unit pelaksana daerah yang mana penganggaran melekat pada APBD induk.

“Untuk itu apabila nanti sudah terpisah penganggaran maka dengan Provinsi Induk hanya terdiri dari 9 kabupaten/kota ini sehingga dibahas lebih lanjut seperti pelabuhan ikan yang ada di Pomako, Nabire dan beberapa daerah lainnya sehingga perlu dibicarakan dalam forum koordinasi,” kata Iman.

Dia menambahkan untuk itu perlu koordinasi mulai dari sekarang sehingga apabila dalam hal berjalan di 2023 mendatang sudah ada antisipasi.(antara/jpnn)

DKP Provinsi Papua melakukan sinkronisasi, konsolidasi dan koordinasi terkait perencanaan pembangunan kelautan dan perikanan pada tiga provinsi DOB.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia