Mandenas: Penjabat Gubernur di DOB Papua Wajib Tunjukkan Kinerja

Senin, 21 November 2022 – 22:19 WIB
Mandenas: Penjabat Gubernur di DOB Papua Wajib Tunjukkan Kinerja - JPNN.com Papua
Anggota Komisi I DPR RI Daerah Pemilihan Papua Yan Permenas Mandenas. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pelantikan tiga penjabat Gubernur Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua tengah mendapat perhatian dari sejumlah pihak.

Salah satunya anggota Komisi I DPR RI Daerah Pemilihan Papua Yan Permenas Mandenas.

Mandenas berharap tiga penjabat Gubernur tersebut wajib menunjukkan kinerja terbaiknya.

Hal ini perlu dilakukan karena pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua sudah diperjuangkan DPR RI dan pemerintah dengan susah payah.

"Pembentukan DOB Papua harus melalui banyak tantangan. Terdapat pro dan kontra yang luar biasa dari masyarakat di Papua soal ini. Mereka yang terpilih harus mampu menunjukkan kinerja terbaik,” ujar Yan Mandenas di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Tiga Penjabat Gubernur DOB yang dilantik Mendagri Tito Karnavian beberapa waktu lalu itu, yaitu Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk terpilih sebagai Penjabat Gubernur Pegunungan, dan Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah.

Mereka segera bertugas membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di awal pemerintahan.

“Mereka harus menyiapkan pemerintahan yang dipimpin kepala daerah definitif nantinya. Tugas inipun harus dilakukan dengan baik,” ucapnya.

Anggota DPR dari Dapil Papua Yan Mandenas meminta penjabat Gubernur di tiga DOB Papua harus bisa menunjukkan kinerja terbaiknya dalam 100 hari ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News