Pemkab Teluk Wondama: 204 Balita Mengalami Stunting

Rabu, 18 Oktober 2023 – 14:56 WIB
Pemkab Teluk Wondama: 204 Balita Mengalami Stunting - JPNN.com Papua
Para ibu dan balita menghadiri kegiatan pemberian makanan tambahan bergizi bagi anak di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, TELUK WONDAMA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat telah mendata 204 anak balita yang mengalami stunting, kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy menyampaikan bahwa sebelumnya di antara 3.376 anak balita yang ada di Kabupaten Teluk Wondama ada 35 yang terdeteksi mengalami stunting.

"Setelah dilakukan penimbangan dan pengukuran di semua puskesmas ada penambahan jadi 204 balita," kata Andarias Kayukatuy di Wasior, Rabu (18/10).

Dia menyampaikan bahwa pemerintah daerah menggiatkan kegiatan penimbangan dan pengukuran fisik balita untuk mendeteksi stunting pada anak.

"Balita stunting meningkat karena gencar dilakukan penelusuran. Semakin banyak diketahui semakin baik, supaya intervensinya tepat," kata Andarias.

Dia mengatakan bahwa kegiatan penelusuran kasus ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program intervensi seperti pemberian makanan tambahan untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi anak.

Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama berkolaborasi dengan organisasi masyarakat, lembaga keagamaan, dan mitra lain dalam menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayahnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw sebelumnya menyampaikan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten Teluk Wondama masih tergolong tinggi.

Pemkab Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat telah mendata 204 anak balita yang mengalami stunting.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News