Kemenag Papua Ingatkan Peserta Pemilu 2024 Tidak Berkampanye di Rumah Ibadah

Senin, 08 Januari 2024 – 20:56 WIB
Kemenag Papua Ingatkan Peserta Pemilu 2024 Tidak Berkampanye di Rumah Ibadah - JPNN.com Papua
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Klemens Taran. Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenag Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua meminta seluruh rumah-rumah ibadah harus bersih atau steril dari kampanye politik.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik pada pesta demokrasi atau Pemilu 2024 di tanah Papua.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Klemens Taran mengatakan rumah ibadah tempat suci untuk umat yang melaksanakan ibadah sehingga dilarang keras menjadi tempat berkampanye.

"Kami ingatkan rumah ibadah di seluruh tanah Papua harus bersih dari kampanye politik,” ujar Klemens Taran di Jayapura, Senin (8/1/2024).

Menurut Klemens, jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyampaikan mengenai tahapan Pemilu silakan saja, tetapi untuk para peserta pemilu itu tidak boleh dan itu dilarang keras.

"Untuk itu, para pimpinan umat mari bersatu menjaga pesta demokrasi di tanah Papua dapat berjalan lancar,” ujar Klemens.

Dia menjelaskan jika para peserta Pemilu mengikuti ibadah silakan saja. Namun, dia perlu mengingatkan tidak ada kegiatan kampanye di dalamnya seperti membagikan kartu peserta sebagai calon anggota legislatif.

"Kami juga meminta pada momentum tersebut semua umat harus memberikan hak pilih dengan begitu ikut menyukseskan pemilihan lima tahun sekali ini di Bumi Cenderawasih,” kata Klemens.

Kemenag Provinsi Papua meminta peserta Pemilu 2024 tidak berkampanye di rumah-rumah ibadah di seluruh bumi Cenderawasih.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News