Pemkot Jayapura Menanggung Biaya Pendidikan untuk 23 Ribu Siswa

Selasa, 19 Desember 2023 – 06:55 WIB
Pemkot Jayapura Menanggung Biaya Pendidikan untuk 23 Ribu Siswa - JPNN.com Papua
Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kota atau Pemkot Jayapura, Papua menanggung biaya pendidikan 23.011 siswa warga setempat jenjang SD, SMP dan SMA/SMK di daerah itu melalui Kartu Numbay Pintar.

“Ini khusus untuk siswa yang tidak mampu sehingga dengan adanya bantuan dari pemerintah daerah maka dapat meringankan beban orang tua,” kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Senin (18/12).

Menurut Frans Pekey, anggaran tersebut bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) dengan total anggaran pada 2023 sebesar Rp 15 miliar.

“Hingga kini sudah 98 persen anggaran yang terserap. Artinya sudah tersalurkan dengan baik bagi para siswa yang kurang mampu,” ujar Frans.

Dia menjelaskan bantuan dari pemerintah daerah setempat melalui program Kartu Numbay Pintar berupa pembayaran iuran sekolah maupun kebutuhan lain yang dibebankan kepada orang tua.

"Jadi, bantuan ini untuk siswa tidak mampu baik di sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kota Jayapura," ujar Frans.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan adanya subsidi pemerintah daerah melalui program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dapat mendukung kelancaran proses pembelajaran.

"Namun, juga untuk menyelesaikan pembayaran iuran sehingga pihak sekolah juga dapat membayar hak dari pada guru honorer," ujar Frans.(antara/jpnn)

Pemkot Jayapura, Papua menanggung biaya pendidikan 23.011 siswa warga setempat jenjang SD, SMP dan SMA/SMK melalui Kartu Numbay Pintar.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News