Pemkab Jayapura Libatkan 380 Kader Tangani Malaria di 139 Kampung

Minggu, 17 Desember 2023 – 19:48 WIB
Pemkab Jayapura Libatkan 380 Kader Tangani Malaria di 139 Kampung - JPNN.com Papua
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie. Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua melibatkan kurang lebih 380 kader untuk menangani kasus malaria di 139 kampung dan lima kelurahan di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengatakan data terkini mencatat jumlah orang yang terkena malaria di daerahnya mencapai 47.443 kasus.

"Malaria menjadi momok menakutkan karena berada di urutan pertama dari 10 penyakit utama yang menjadi prioritas penanganan di dinas kesehatan," kata Khiarul Lie seperti dilansir Antara Minggu (17/12).

Menurut Khairul, pada 2021 angka malaria tercatat kurang lebih 24.000 kasus karena saat itu pihaknya melatih kader malaria di 139 kampung dan lima kelurahan daerah setempat.

“Orang kampung kami libatkan semua. Ada 380 lebih kader sehingga dihitung-hitung setiap kampung ada dua sampai tiga kader untuk bersama-sama membasmi malaria,” ujar Khairul.

Dia menjelaskan dengan adanya kader maka masyarakat umum di kampung kapan saja bisa memeriksa malaria sehingga bisa ditangani secara dini.

"Kami kasih alat dan obat untuk kader memeriksa malaria sekaligus mengobati sehingga angkanya kasusnya akan relatif kecil kalau dibandingkan saat ini,” katanya.

Pada 2022 jumlah kasus malaria meningkat sehingga menjadi catatan penting untuk bagaimana kader terus ditingkatkan kemampuannya sehingga kasus bisa ditekan dan tertangani secara baik.

Pemkab Jayapura, Papua melibatkan kurang lebih 380 kader untuk menangani kasus malaria di 139 kampung dan lima kelurahan di daerah itu.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia