Pemkot Jayapura Mengantisipasi Masuknya Pendatang Baru Seusai Libur Lebaran

Selasa, 16 April 2024 – 09:04 WIB
Pemkot Jayapura Mengantisipasi Masuknya Pendatang Baru Seusai Libur Lebaran - JPNN.com Papua
Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua mengantisipasi masuknya pendatang baru seusai libur lebaran 2024 ke daerah itu.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat pada 2023 penduduk Kota Jayapura sudah sangat padat yaitu sekitar 417. 611 jiwa dengan luas daerah tersebut 940 kilometer persegi.

"Kami berharap jika warga yang melaksanakan mudik dan kembali ke Kota Jayapura tidak lagi membawa orang lain,” kata Frans Pekey di Jayapura, Senin (15/4).

Menurut Frans Pekey, selain jumlah penduduk yang kian meningkat, angka pengangguran juga cukup tinggi di daerah itu di mana mencapai 10 ribu pada 2023.

"Hal ini perlu diketahui semua masyarakat sehingga tidak membebani pemerintah daerah dalam mengatasi pengangguran ke depan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya tidak melarang warga Kota Jayapura yang melaksanakan mudik lebaran kembali ke Kota Jayapura membawa keluarga karena merupakan negara Indonesia.

Namun, harus secara bijak sehingga pemerintah daerah setempat bisa mengatasi pengangguran dengan baik.

"Memang pada umumnya mereka ke sini untuk mencari pekerjaan tetapi belum tentu lapangan pekerjaan tersedia," katanya lagi.

Pemkot Jayapura, Papua mengantisipasi masuknya pendatang baru seusai libur lebaran 2024 ke daerah itu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News