Penjelasan BMKG Soal Gempa Berkekuatan M 5,28 di Utara Kabupaten Jayapura

Senin, 18 Desember 2023 – 09:38 WIB
Penjelasan BMKG Soal Gempa Berkekuatan M 5,28 di Utara Kabupaten Jayapura - JPNN.com Papua
Titik gempa berkekuatan M 5,2 di utara Kabuoaten Jayapura, Papua, Minggu (18/12/2023). Foto: ANTARA/HO-BMKG

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan M 5,2 Pukul 21.27.34 WIB wilayah Utara Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/12) akibat subduksi Lempeng New Guinea Trench.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,22° LS; 140,30° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Barat Laut Kabupaten Jayapura, Papua pada kedalaman 30 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng New Guinea Trench," ujar Daryono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) dan daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 21.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” ujar dia.

BMKG melaporkan gempa berkekuatan M 5,2 Pukul 21.27.34 WIB di wilayah Utara Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/12).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News