Dinkes Jayapura Anggarkan Rp 300 Juta DAU untuk Penanganan HIV/AIDS

Senin, 06 November 2023 – 07:59 WIB
Dinkes Jayapura Anggarkan Rp 300 Juta DAU untuk Penanganan HIV/AIDS - JPNN.com Papua
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Papua, pada 2023 menganggarkan Rp 300 juta yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) untuk pencegahan HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan selain dari DAU, juga dianggarkan Rp350 juta dari dana otonomi khusus (otsus) 2023 dan dana Global Fund sebesar Rp 759 juta untuk penanganan penyakit tersebut.

"Anggaran tersebut kami gunakan untuk menyosialisasikan HIV/AIDS bagi orang asli Papua (OAP) di 14 kampung di Kota Jayapura," kata Sri Antari di Jayapura, Minggu (5/11).

Menurut Sri, selain sosialisasi pihaknya juga melakukan pemantauan kepada pengidap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) serta pelatihan kepada 10 komunitas yang peduli terhadap kasus tersebut.

Dia menjelaskan, dari jumlah orang termasuk kelompok yang berisiko yang telah dilakukan tes sebanyak 4.059 pada Januari hingga September 2023 terdapat 104 orang yang positif HIV/AIDS.

"Selain itu, pada 2023 ini kami juga melakukan mobile VCT HIV/AIDS terhadap kelompok yang beresiko sebanyak yang menyasar kepada 3.426 orang sehingga total yang kami sudah tes sebanyak 7.500 orang," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya juga mencatat sebanyak 46 ibu hamil di daerah itu yang positif HIV/AIDS dari total 2.646 yang diperiksa.

“Kemudian dilakukan mobile VCT sebanyak 31 ibu hamil yang bersedia untuk di tes HIV/AIDS," katanya lagi.

Dinkes Kota Jayapura, Papua, pada 2023 menganggarkan Rp 300 juta yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) untuk pencegahan HIV/AIDS.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia