Dinkes Biak Numfor: Kami Menunggu Kedatangan Vaksin Covid-19 Booster Kedua

Senin, 30 Januari 2023 – 06:17 WIB
Dinkes Biak Numfor: Kami Menunggu Kedatangan Vaksin Covid-19 Booster Kedua - JPNN.com Papua
Vaksin booster kedua. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

papua.jpnn.com, BIAK NUMFOR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua siap melayani vaksinasi Covid-19 booster atau penguat kedua kepada masyarakat umum namun masih menunggu kedatangan vaksin dari Pemerintah Provinsi Papua atau pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan Epid mengatakan jajaran Dinas Kesehatan telah menyiapkan semua fasilitas kesehatan pemerintah untuk bisa melayani masyarakat mendapatkan vaksinasi booster kedua.

“Secara fasilitas dan tenaga vaksinasi, Dinas Kesehatan sudah siapkan. Ya, saat ini Dinkes tinggal menunggu kedatangan vaksin booster kedua supaya dapat melayani masyarakat umum,” ujar Ruslan di Biak, Minggu (29/1).

Ruslan Epid mengatakan syarat vaksinasi booster kedua diutamakan untuk mereka yang sudah lebih dari enam bulan mendapatkan vaksinasi booster pertama.

Sementara secara bertahap seluruh sasaran vaksin booster penguat kedua untuk masyarakat berusia lebih > 18 tahun wajib mendapatkan tiket booster kedua.

Ruslan menjelaskan pemberian vaksin booster kedua dilakukan pemerintah sebagai upaya percepatan vaksinasi dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh sebagai perlindungan atau pencegahan dari Covid-19.

Layanan vaksinasi booster kedua tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum yang ditetapkan pada 20 Januari 2023.

Pemberian vaksin booster kedua juga dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Endemi.

Dinkes Biak Numfor menunggu kedatangan vaksin booster kedua supaya dapat melayani masyarakat umum.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia