Pemkab Jayapura Membuka Posko Kesehatan Bagi Pengungsi

Rabu, 03 Januari 2024 – 13:34 WIB
Pemkab Jayapura Membuka Posko Kesehatan Bagi Pengungsi - JPNN.com Papua
Tenaga Kesehatan di Puskesmas Nimbokrang saat memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi dari Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua. Foto: ANTARA/HO-Dok Dinkes Kabupaten Jayapura

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemkab Jayapura melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua sejak Senin (1/1/2024) telah membuka posko pelayanan kesehatan bagi para pengungsi dari Kampung Karya Bumi Besum di Distrik Namblong.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengatakan tim kesehatan dari Puskesmas Nimbokrang bekerja hingga pukul 21.30 WIT untuk memberikan pelayanan kepada para pengungsi.

“Sebagian besar pengungsi tinggal di rumah penduduk di Nimbokrang, Benyom Jaya I, Benyom Jaya II dan sebagian di Genyem Kota (Nimboran). Jadi, untuk layanan pagi dipusatkan di Puskesmas sedangkan siang hari tim akan melakukan kunjungan pelayanan ke tempat pengungsian,” kata Edward Sihotang.

Sebanyak 501 warga Kampung Karya Bumi Besum mengungsi ke rumah keluarga dan kerabat mereka di Kampung Nimbokrang, Benyom Jaya I dan Benyom Jaya II, menyusul kerusuhan yang terjadi di kampung mereka pada Senin (1/1/2024).

Kerusuhan itu sendiri mengakibatkan orang asli setempat meninggal dunia, sementara kampung mereka hingga kini masih ditutup.

Menurut Sihotang, posko pelayanan tetap dibuka di puskesmas di mana terdapat pengungsi dari Kampung Karya Bumi Besum seperti di Puskesmas Namblong, Puskesmas Nimboran dan Puskesmas Nimbokrang.

“Jadi, petugas kesehatan di tiga puskesmas tersebut sudah berjaga sebelum kejadian karena pelayanan tetap buka meski hari libur. Pada saat kejadian hingga saat ini tetap buka, hanya saja pelayanan ditingkatkan dengan tenaga kesehatan dan dokter,” ujarnya.

Dia menjelaskan persediaan obat bagi pengungsi di tiga puskesmas juga masih cukup sehingga tidak ada penambahan dari Dinkes.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua sejak Senin (1/1/2024) telah membuka posko pelayanan kesehatan bagi para pengungsi.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News