Dinkes Kabupaten Jayapura Siapkan Tenaga Kesehatan Orang Asli Papua

Senin, 04 September 2023 – 15:43 WIB
Dinkes Kabupaten Jayapura Siapkan Tenaga Kesehatan Orang Asli Papua - JPNN.com Papua
Kepala Dinkes Kabupaten Jayapura Khairul Lie. Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan lima tenaga kesehatan (Nakes) Orang Asli Papua (OAP) dari alokasi pembiayaan Otonomo Khusus (Otsus) tahun ini pada Puskesmas Airu, Ravenirara, Sentani, Sentani Barat, dan Sentani Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengatakan di Kabupaten Jayapura seluruh Puskesmas di 19 distrik berjumlah 22 dan semua sudah memiliki dokter umum maupun tenaga kesehatan yang dibutuhkan dengan pembiayaan sebesar Rp 6,2 miliar.

“Dana tersebut untuk merekrut tenaga kesehatan baik dokter maupun tenaga lain yang kita perlukan serta digunakan untuk tunjangan profesi bagi mereka, tetapi dari dana Otsus itu kita rekrut tenaga kesehatan OAP sedangkan dari Alokasi Dana Umum (DAU) tenaga kesehatannya bukan OAP,” kata Khairul Lie di Sentani, Senin (4/9).

Menurut dia, tenaga kesehatan OAP di Kabupaten Jayapura yang dibiayai menggunakan dana Otsus sebanyak 191 orang yang tersebar di seluruh Puskesmas di daerah ini.

“Penyerapan dana Otsus untuk tahun ini hingga September di atas 48 persen, sesuai dengan tahun anggaran dan ketersediaan pembiayaan kita masih on the track atau sesuai dengan jalur capaian Otsus kita,” ujarnya.

Khairul Lie mengharapkan tenaga kesehatan OAP di kabupaten ini untuk bekerja dengan baik dan harus profesional dalam menjalankan tugas-tugas kesehatan di tempat mereka bekerja.

“Kami harapkan kepercayaan yang diberikan pemerintah untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sehingga layanan kepada masyarakat terpenuhi dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan tenaga kesehatan yang direkrut dari alokasi dana Otsus maupun DAU dapat bekerja sama dalam pelayanan kesehatan di Bumi Kenambai Umbai.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan lima tenaga kesehatan (Nakes) Orang Asli Papua (OAP) dari alokasi pembiayaan Otonomo Khusus (Otsus).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia