Pemkab Manokwari: Perluasan Bandara Dapat Kendalikan Inflasi

Senin, 18 September 2023 – 10:15 WIB
Pemkab Manokwari: Perluasan Bandara Dapat Kendalikan Inflasi - JPNN.com Papua
Petugas kebersihan saat membersihkan terminal kedatangan di Bandara Rendani Manokwari. Foto: ANTARA/Ali Nur Ichsan

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Pemkab Manokwari, Provinsi Papua Barat memproyeksikan perluasan dan pengembangan Bandara Rendani dapat  kendalikan laju inflasi.

Bupati Manokwari Hermus Indou menjelaskan inflasi di Kabupaten Manokwari jadi yang tertinggi di Provinsi Papua, yaitu sebesar 6,40 persen.

“Pengaruh utama dari inflasi di Kabupaten Manokwari sebenarnya tidak hanya ketersediaan makanan seperti beras dan ikan yang terbatas, tapi juga didominasi sektor transportasi udara," ujar Hermus di Manokwari, Senin (18/9).

Dia menjelaskan sektor transportasi udara sebagai salah satu penyebab utama inflasi di Kabupaten Manokwari.

Keterbatasan maskapai udara di Kabupaten Manokwari membuat harga tiket makin tinggi dan membuat warga Manokwari harus mengeluarkan biaya lebih tinggi saat berpergian ke luar daerah.

Menurut dia, perluasan dan pengembangan Bandara Rendani yang kini tengah dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR bisa menjadi solusi.

Menurut dia, dengan memperpanjang landasan pacu dan memperluas terminal kedatangan Bandara Rendani maka mempermudah Pemkab Manokwari untuk mengusulkan penambahan maskapai penerbangan agar terjadi persaingan harga.

"Untuk pengendalian inflasi pada sektor perhubungan udara, kita juga akan mengusulkan Kabupaten Manokwari sebagai bandara HUB (pengumpul) untuk Provinsi Papua Barat. Semua kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Papua Barat, jalur penerbangannya bisa lewat Manokwari dan tidak melalui Sorong atau daerah lainnya,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat memproyeksikan perluasan dan pengembangan Bandara Rendani dapat  kendalikan laju inflasi.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News