Jokowi Soroti Kasus Kelaparan di Papua Saat Rakornas Pengendalian Inflasi 2023

Kamis, 31 Agustus 2023 – 20:50 WIB
Jokowi Soroti Kasus Kelaparan di Papua Saat Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 - JPNN.com Papua
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberi penghargaan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati

papua.jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya setiap daerah memiliki cadangan pangan untuk mengantisipasi kasus kelaparan di Papua beberapa waktu lalu.

“Seperti yang terjadi di Papua kemarin, tidak ada stok sama sekali. Karena tidak ada jaringan pangannya, drop dari Jakarta. Tidak bisa seperti itu. Harus daerah memiliki cadangan pangan, apa yang memang perlu cadangkan,” kata Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8).

Presiden menekankan Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar. Oleh karena itu, tidak bisa selalu mengandalkan Jakarta untuk membantu pasokan pangan jika dibutuhkan.

Menurut Presiden, gagal panen yang terjadi di Papua Tengah hingga mengakibatkan warga kelaparan dan berujung meninggal dunia terjadi karena daerah tersebut tidak memiliki stok pangan.

Oleh sebab itu, dia meminta kepala daerah dapat memutuskan komoditas pangan seperti beras yang dapat disimpan sebagai stok.

"Apa yang memang perlu, cadangkan. Beras cadangan sendiri. Cadangan sendiri enggak ada masalah. Sehingga keputusan kebijakan ada di gubernur, bupati, wali kota memutuskan sendiri," kata Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta kepala daerah dapat mengoptimalisasi kapasitas fiskal melalui pendapatan daerah untuk mengintervensi pengendalian inflasi.

Hal itu karena inflasi dan pertumbuhan ekonomi menjadi dua hal yang harus dijaga.

Presiden Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi mengingatkan setiap daerah memiliki cadangan pangan untuk mengantisipasi kasus kelaparan di Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News