Plt Bupati Mimika Tidak Menghadiri Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Jayapura

Kamis, 09 Maret 2023 – 19:13 WIB
Plt Bupati Mimika Tidak Menghadiri Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Jayapura - JPNN.com Papua
Suasana sidang perdana kasus korupsi pengadaan pesawat dan helikopter di Kantor Pengadilan Tipikor Jayapura. Foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Tersangka kasus korupsi Pengadaan Pesawat dan helikopter di Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Johannes Rettob (JR) tidak menghadiri sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jayapura, Kamis (9/3) siang.

Sidang kasus tersebut akan kembali digelar pada Kamis (16/3) mendatang, Pukul 10.00 WIT.

Hal itu diungkapkan Hakim Ketua Wellem Marco Erari di dalam persidangan, Kamis (9/3) siang. 

Jaksa Penuntut Umum meminta kepada pengadilan untuk melakukan penahanan terhadap terdakwa, namun hal itu ditolak Majelis hakim.

"Terlalu dini. Salah satunya karena belum ada pemeriksaan identitas terdakwa," katanya.

Kasipenkum Kejaksaan Tinggi Papua Aguwani menjelaskan pihaknya telah memberikan surat pemanggilan terhadap yang bersangkutan.

"Kami sudah mengirimkan surat pemanggilan  namun ditolak oleh terdakwa," katanya.

Aguina membantah pernyataan yang menyebutkan adanya indikasi permainan Kejaksaan Tinggi.

"Kami bekerja sesuai prosedur. Tidak ada kepentingan sama sekali. Untuk saat ini proses sudah di pengadilan. Biarkan proses ini berjalan, benar atau tidak benarnya nanti lihat hasil dari persidangan," terangnya. 

Diketahui Plt Bupati Mimika Johannes Rettob bersama Direktur Asian One Air Silvi Herawati telah ditetapkan tersangka oleh Kejati Papua atas dugaan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter saat ia menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Mimika dengan kerugian negara mencapai Rp 69 miliar lebih dari sebelumnya Rp 43 miliar. 

Kasus ini menimbulkan aksi protes dari masa pendukung Plt Johannes Rettob di Mimika dan di Jayapura. Massa menuntut Kejaksaan Tinggi Papua menghentikan proses hukum kasus yang dihadapi Johannes Rettob. (mcr30/jpnn) 

Tersangka kasus dugaan korupsi Pengadaan pesawat dan helikopter tidak menghadiri sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jayapura.

Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia