Pakar Imunologi Dorong Pemberian Vaksin Booster Kedua

Selasa, 24 Januari 2023 – 19:04 WIB
Pakar Imunologi Dorong Pemberian Vaksin Booster Kedua - JPNN.com Papua
Ilustrasi - Vaksin booster kedua. Foto: ANTARA/HO-Kemenkes

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Iris Rengganis mengemukakan vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua penting untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat.

“Booster tetap bisa diberikan untuk menguatkan sistem imun seseorang terhadap Covid-19,” kata Iris Rengganis di Jakarta, Selasa (24/1).

Iris mendorong pemerintah untuk memprioritaskan pemberian booster kedua di daerah dengan laju kasus Covid-19 yang relatif di atas angka rata-rata nasional yang telah terkendali.

Menurut dia, masyarakat perlu memahami bahwa vaksin tetap penting untuk perlindungan diri agar program pemberian booster kedua terlaksana dengan baik, yang ditandai dengan capaian tinggi.

"Untuk meningkatkan booster kedua, tetap dilakukan edukasi salah satunya melalui media sosial," ujarnya.

Menurut Iris, Indonesia masih dalam tahap peralihan dari pandemi menuju endemi. Masyarakat diimbau jangan lengah pada saat pemerintah sudah tidak lagi memberlakukan PPKM.

"Tetap jaga protokol kesehatan, tetap pakai masker," katanya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan booster kedua untuk masyarakat umum telah dimulai hari ini.

Pakar Imunologi mendorong pemberian vaksin booster kedua di daerah dengan laju kasus Covid-19 yang relatif di atas angka rerata nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News