OJK Papua Berharap FKIJK Jadi Wadah Bagi Pelaku UMKM

Kamis, 24 November 2022 – 15:53 WIB
OJK Papua Berharap FKIJK Jadi Wadah Bagi Pelaku UMKM - JPNN.com Papua
Kepala OJK Papua Muhammad Ikhsan Hutapea. Foto: ANTARA/Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua berharap melalui Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) setempat menjadi wadah bagi para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan sektor jasa keuangan yang berdaya saing global.

Kepala OJK Papua Muhammad Ikhsan Hutapea mengatakan UMKM pada dasarnya merupakan roda penggerak perekonomian Indonesia, khususnya di Papua sehingga memiliki andil bagi kemajuan suatu daerah.

"Untuk itu kami sangat berharap FKIJK dapat juga mengembangkan sektor jasa keuangan yang kontribusi dan stabil di Papua," kata Muhammad Ikhsan Hutapea di Jayapura, Rabu (23/11).

Menurut Ikhsan, sehingga ke depan dapat meningkatkan peran dalam membuka akses keuangan kepada masyarakat.

"Papua memiliki potensi bisnis ekonomi yang kuat yang terbukti dapat bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi sehingga UMKM mempunyai kelebihan dalam hal perputaran transaksi yang cepat,” ujar Ikhsan.

Dia menjelaskan dalam pertumbuhan ekonomi nasional UMKM juga berperan penting dalam penyerapan tenaga kerja sehingga tidak heran jika pertumbuhan dan pengembangan sektor UMKM sering dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan pengembangan ekonomi.

"Untuk itu dalam mewujudkan UMKM yang kuat dan maju permasalahan struktur yang dihadapi oleh pelaku UMKM selama ini, perlu dipecahkan bersama dengan FKIJK yang mana permasalahan dimaksud antara lain kualitas SDM, pendanaan kualitas dan kontinuitas produk dan pemasaran,” kata Ikhsan.

Dia menambahkan permasalahan lainnya khususnya adalah masalah pendanaan yang kini masih menjadi permasalahan sehingga dibutuhkan kerja sama yang lebih baik antara pemangku kepentingan.(antara/jpnn)

OJK Provinsi Papua berharap melalui FKIJK setempat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan sektor jasa berdaya saing global.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News