YPM DPR Desak Pemerintah Papua Segera Membuat Data Orang Asli Papua

Senin, 05 Februari 2024 – 13:01 WIB
YPM DPR Desak Pemerintah Papua Segera Membuat Data Orang Asli Papua - JPNN.com Papua
Anggota DPR RI Dapil Papua Yan Permenans Mandenas (YPM) saat bertemu konstituennya di daerah pemilihannya. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, BIAK - Anggota DPR RI Dapil Papua Yan Permenans Mandenas (YPM) mendesak pemerintah Papua untuk segera membuat data orang asli Papua (OAP) agar pembagian dana Otonomi Khusus (Otsus) bisa merata dan tepat sasaran.

Yan Mandenas menyampaikan hal itu saat melakukan kunjungan kerjanya di sejumlah tempat di Kabupaten Biak, belum lama ini.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra itu dalam pertemuannya dengan sejumlah masyarakat Biak Utara, Biak Barat hingga Supiori menilai pembagian dana Otdus setelah direvisi oleh DPR masih berjalan tidak sesuai atau tepat sasaran.

Dia menilai masih banyak keluhan masyarakat dengan persoalan yang sama soal tidak tepat sasarannya menerima dana Otsus langsung kepada mereka.

"(Persoalannya) Tidak punya data orang asli Papua. Karena jika data ini ada maka bisa menghitung alternatif penggunaan dana serta penyerapannya dalam bentuk seperti apa kepada masyarakat,” ujar Yan Mandenas.

Kebijakan yang mereka telah sepakati bahwa pembagian dana Otsus langsung masuk ke kas Kabupaten/Kota di Papua, tidak lagi masuk ke Kas pemerintah Provinsi Papua.

Namun, dia menyayangkan masih ada masyarakat yang merasa pembagian dana Otsus tidak sampai pada sasasaran yang tepat.

"Sudah tiga tahun berjalan ternyata perubahan tidak signifikan terjadi di masyarakat,” kata Yan Mandenas.

Anggota DPR RI Dapil Papua Yan Permenans Mandenas mendesak pemerintah Papua segera membuat data orang asli Papua (OAP) agar pembagian dana Otsus tepat sasaran.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News