Kapolda Sebut 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Gelar Pemungutan Suara

Kamis, 15 Februari 2024 – 16:09 WIB
Kapolda Sebut 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Gelar Pemungutan Suara - JPNN.com Papua
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri saat meninjau gudang logistik pemilu di Jayapura, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengakui ada 1.297 TPS yang tersebar di dua provinsi di tanah Papua belum melaksanakan pemungutan suara.

“Dari laporan yang diterima memang terungkap sebanyak 1.297 TPS di dua provinsi belum melaksanakan pemungutan suara,” kata Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis (15/2).

Menurut Kapolda, dari laporan yang diterima, selain karena faktor cuaca yang menyebabkan logistik tidak dapat didistribusikan juga karena adanya polemik konflik sosial pada pelaksanaan sistem noken hingga membuat pencoblosan tertunda di sejumlah daerah.

Selain itu, di kedua provinsi, yakni Papua Pegunungan dan Papua Tengah menggunakan sistem noken.

Dari laporan yang diterima terungkap dari 15.213 TPS yang sudah melaksanakan pemungutan suara tercatat 13.916 TPS yang sudah melaksanakannya.

“Sejumlah 1.297 TPS yang belum melaksanakan pemungutan suara terdiri dari 1.172 TPS di Papua Tengah dan 91 TPS di Papua Pegunungan,” ujar Irjen Pol. Fakhiri.

Kapolda menjelaskan dari laporan yang diterima ada sebanyak 697 dari 811 jumlah TPS di Kabupaten Puncak Jaya yang harus melakukan pencoblosan susulan.

Di Kabupaten Intan Jaya tercatat 383 TPS dari 463 TPS serta di Kabupaten Paniai tercatat 92 TPS dari 499 TPS .

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengakui ada 1.297 TPS yang tersebar di dua provinsi di tanah Papua belum melaksanakan pemungutan suara.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News