KPU Pegunungan Arfak Usulkan Dua Rancangan Dapil Buat Pemilu 2024

Minggu, 22 Januari 2023 – 08:55 WIB
KPU Pegunungan Arfak Usulkan Dua Rancangan Dapil Buat Pemilu 2024 - JPNN.com Papua
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat mengusulkan dua rancangan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu 2024 di daerah tersebut. Ilustrasi/Foto: JPNN.Com

papua.jpnn.com, PEGUNUNGAN ARFAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat mengusulkan dua rancangan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu 2024 di daerah tersebut.

Komisioner KPU Pegunungan Arfak Yusak Saroy di Manokwari, Sabtu (21/1), mengatakan dua rancangan dapil telah dilakukan uji publik tiga kali dan dikonsultasikan ke KPU RI maupun KPU Provinsi Papua Barat.

"Kami sudah rancang dua tipe dapil di Pegunungan Arfak," katanya.

Rancangan pertama yaitu Dapil Pegaf 1 yang mencakupi enam distrik dengan sembilan alokasi kursi calon legislatif, Dapil Pegaf 2 terdiri atas empat distrik dengan alokasi 11 kursi caleg.

Rancangan kedua adalah Dapil Pegaf 1 yang meliputi lima distrik dengan alokasi delapan kursi caleg, Dapil Pegaf 2 mencakupi dua distrik dengan tujuh alokasi kursi caleg, dan Dapil Pegaf 3 terdiri atas tiga distrik dengan lima alokasi kursi caleg.

"Total alokasi kursi ada 20 kursi bagi caleg," ucap Yusak.

Dia menjelaskan masyarakat cenderung memilih rancangan kedua dengan jumlah tiga dapil setelah KPU melakukan uji publik, beberapa waktu lalu.

Penambahan dapil dari dua menjadi tiga seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Pegunungan Arfak.

KPU Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat mengusulkan dua rancangan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu 2024 di daerah tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News