KPU Papua Barat: Pilkada Timbulkan Ikatan Emosi Dalam Berdemokrasi

Rabu, 15 Mei 2024 – 08:33 WIB
KPU Papua Barat: Pilkada Timbulkan Ikatan Emosi Dalam Berdemokrasi - JPNN.com Papua
Ketua KPU Manokwari Paskalis Semunya (tengah) bersama seluruh anggota dan sekretaris KPU Manokwari saat peluncuran tahapan Pilkada 2024 di Manokwari, Selasa (14/5/2024). Foto: ANTARA/Ali Nur Ichsan

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Paskalis Semunya menyatakan keikutsertaan masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 akan menimbulkan sebuah ikatan emosi dalam berdemokrasi.

“Ikatan emosi demokrasi ini penting karena negara ini sudah memberikan kewenangan penuh kepada rakyat menentukan pemimpinnya. Kalau tidak menyentuh surat suara dan memilih calonnya saat pilkada maka tidak akan menikmati emosi demokrasi," kata Paskalis saat peluncuran Pilkada serentak 2024 di Manokwari, Selasa (14/5).

Dia mengajak seluruh warga masyarakat untuk berperan aktif dalam Pilkada 2024. Warga harus terlibat dalam emosi demokrasi sehingga masyarakat mempunyai keinginan atau kemauan mengawal pembangunan.

Menurut dia, emosi berperan dalam hidup publik untuk membangun masyarakat yang beradab.

Warga yang memilih calon pemimpinnya akan terus memberikan evaluasi dan mengawal terhadap mandat yang sudah diberikan. Dengan begitu pembangunan daerah akan berjalan lebih baik lagi.

"Kira-kira yang sudah saya (warga) pilih ini apakah bekerja sesuai dengan harapan atau tidak. Kita sebagai warga negara yang baik harus terlibat secara emosi dalam mengawal dan mengevaluasi pemerintahan," ujarnya.

Dia mengatakan Pilkada di Manokwari maupun Papua Barat harus berjalan dengan jujur. Dengan begitu Pilkada akan menghasilkan pemimpin daerah yang diberkati dan terus berbuat untuk kesejahteraan hidup orang banyak.

Lebih lanjut, dia menambahkan KPU di tingkat provinsi dan kabupaten harus bisa bekerja dengan profesional dan mandiri. Kerja KPU harus dilakukan berdasarkan hierarki dan berjenjang.

Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya menyatakan keikutsertaan masyarakat dalam Pilkada 2024 akan menimbulkan sebuah ikatan emosi dalam berdemokrasi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia