Mathea Mamoyau: Perempuan Mitra Pemerintah Mengisi Pembangunan

Senin, 11 Maret 2024 – 19:54 WIB
Mathea Mamoyau: Perempuan Mitra Pemerintah Mengisi Pembangunan - JPNN.com Papua
Tokoh Perempuan Kabupaten Mimika Mathea Mamoyau (kiri). Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, TIMIKA - Tokoh Perempuan Papua asal Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah Mathea Mamoyau mengatakan perempuan merupakan mitra pemerintah dalam mengisi pembangunan negara.

Tokoh Perempuan Kabupaten Mimika Mathea Mamoyau mengatakan ruang lingkup kerja laki-laki juga dapat diisi oleh perempuan.  

"Saya contohkan dalam bidang lingkungan, pemerintah dapat melibatkan perempuan untuk menggali isu-isu dan membuat langkah strategis menyelamatkan lingkungan," kata Mathea Mamoyau di Timika, Senin (11/3).

Menurut Mathea, banyak sisi lain dalam kehidupan ini yang telah diisi oleh kaum perempuan guna mendukung pembangunan di daerah maupun negara ini.

“Saya contohkan juga saat ini sudah ada perempuan Papua yang menjadi sopir alat berat di PT Freeport Indonesia, ini membuktikan bahwa perempuan juga mampu seperti laki-laki," ujarnya.

Dia menjelaskan perempuan terus berupaya memainkan peranan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat pada keterlibatannya di kontestasi politik pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Perempuan mampu memainkan peranannya tanpa meninggalkan kodrat diri yang semestinya, saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi perempuan Indonesia," katanya.

Dia menambahkan ruang berpendapat dan berekspresi harus terus dibuka bagi perempuan, sebagai wujud kesetaraan gender yang sesungguhnya.

Tokoh Perempuan Papua asal Kabupaten Mimika, Papua Tengah Mathea Mamoyau mengatakan perempuan merupakan mitra pemerintah dalam mengisi pembangunan negara.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News