Pemkot Jayapura Dorong Percepatan Pembangunan Fisik

Kamis, 14 Desember 2023 – 08:28 WIB
Pemkot Jayapura Dorong Percepatan Pembangunan Fisik - JPNN.com Papua
Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua mendorong percepatan pembangunan fisik dengan menambah jam dan tenaga kerja guna menggenjot serapan anggaran pada 2023.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey mengatakan dari hasil monitoring hingga 8 Desember 2023 realisasi fisik sudah mencapai 95,57 persen dan keuangan 79,68 persen.

"Jika dilihat dari sisi per organisasi perangkat daerah (OPD) ada sekitar 20 OPD dan unit kerja sudah mencapai 100 persen baik fisik maupun keuangan,” kata ujar Frans Pekey di Jayapura, Rabu (13/12).

Meski demikian, Frans mengakui masih ada juga OPD yang realisasi fisik sudah 100 persen namun realisasi keuangan berada di angka 80 persen hingga 90 persen

"Dalam monitoring hari ini kami memastikan terutama menyangkut realisasi keuangan yang masih di bawah 100 persen untuk dievaluasi," ujar Frans.

Dia juga mengingatkan kepada setiap OPD bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu memperhatikan batas waktu sebab Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) itu terakhir pada 15 Desember 2023.

"Pengguna anggaran dapat memperhatikan jadwal ini supaya dapat mengajukan tagihan dan dana dicairkan ke rekening pihak ketiga," katanya.

Frans berharap dengan adanya monitoring meja program dan kegiatan pembangunan Triwulan IV ada percepatan sehingga pada akhir tahun realisasi fisik itu mencapai 98 persen.

Pemkot Jayapura, Papua mendorong percepatan pembangunan fisik dengan menambah jam dan tenaga kerja guna menggenjot serapan anggaran pada 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News