Keerom Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,8, Begini Penjelasan BMKG

Senin, 13 November 2023 – 10:48 WIB
Keerom Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,8, Begini Penjelasan BMKG - JPNN.com Papua
Titik gempa M 5,0 di wilayah Pantai Utara Sarmi, Papua, Rabu (8/11/2023). Foto: ANTARA/HO-BMKG

papua.jpnn.com, KEEROM - Gempa tektonik bermagnitudo 5,8 di Keerom, Provinsi Papua pada Senin, pukul 3.38.16 WIB, dengan getaran yang dirasakan di dalam rumah tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,64 derajat lintang selatan dan 140,38 derajat bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Airu, Jayapura, Papua pada kedalaman 48 Km.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Keerom dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Pada daerah Jayapura getaran dirasakan dengan skala intensitas II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga pukul 04.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Warga juga diminta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Gempa tektonik bermagnitudo 5,8 di Keerom, Provinsi Papua pada Senin, pukul 3.38.16 WIB, dengan getaran yang dirasakan di dalam rumah. Begini penjelasan BMKG.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News