BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Mengguncang Wilayah Barat Daya Kaimana

Selasa, 09 Januari 2024 – 14:27 WIB
BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Mengguncang Wilayah Barat Daya Kaimana - JPNN.com Papua
Peta pusat gempa di wilayah tenggara Kaimana, Papua Barat, Selasa (9/1/2024). Foto: ANTARA/HO-BMKG

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah barat daya Kaimana, Papua Barat pada kedalaman 10 Km.

BMKG di Jakarta, Selasa (9/1/2024) mencatat gempa bumi itu berpusat di laut, tepatnya di koordinat 4,46 Lintang Selatan (LS) dan 133,91 Bujur Timur (BT) atau 130 Km barat daya Kaimana, pada pukul 12.25 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata
Daryono.

Daryono menjelaskan gempa yang terjadi pada Selasa (9/1) pukul 12.25.24 WIB ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1.

Dia menambahkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,53 lintang selatan dan 133,95 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 138 Km arah Tenggara Kaimana, Papua Barat pada kedalaman 10 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan di zona Graben Aru,” kata Daryono.

Dia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

BMKG menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah barat daya Kaimana, Papua Barat pada kedalaman 10 Km.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News