BPJS Kesehatan Papua Bersinergi untuk Sukseskan Program JKN

Jumat, 15 September 2023 – 08:53 WIB
BPJS Kesehatan Papua Bersinergi untuk Sukseskan Program JKN - JPNN.com Papua
Forum komunikasi BPJS Kesehatan Wilayah XII Papua bersama pemangku kepentingan di Provinsi Papua terkait implementasi program JKN di Jayapura, Kamis (14/9/2023). Foto: ANTARA/HO-Humas BPJS Kesehatan Wilayah XII Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah XII Papua terus meningkatkan sinergi dengan pemangku kepentingan di Provinsi Papua guna menyukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Salah satunya dengan melaksanakan forum komunikasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan Mangisi Raja Simarmata mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi daerah belum terpenuhi fasilitas kesehatan.

Menurut Simarmata, hal tersebut bertujuan untuk peserta JKN maupun masyarakat luas yang kesulitan mengakses layanan kesehatan dengan beberapa model yang bisa diakses oleh warga, khususnya pada daerah belum tersedia fasilitas Kesehatan memenuhi syarat (DBTFMS).

"Saat ini ada dua kampung yang telah dilakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan yakni Kampung Ater, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan dan Kampung Maniuwo, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah," kata Simarmata di Jayapura, Kamis (14/9).

Dia menjelaskan dari sisi kepesertaan data jumlah cakupan peserta JKN di Provinsi Papua hingga 1 September 2023 sebanyak 1.106.464 jiwa dengan status predikat Universal Health Coverage (UHC) Non Cut Off.

“Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti bersama, yakni adanya penonaktifan peserta segmen Penerima Iuran Bantuan Jaminan Kesehatan (PBI JK) setiap bulan oleh Kementerian Sosial,” ujarnya.

Sebagai pengganti, kata dia, peserta yang akan didaftarkan harus sudah dimasukkan pada aplikasi SIKS-NG oleh Dinas Sosial baik di kabupaten dan kota dan didukung juga dari provinsi.

BPJS Kesehatan Wilayah XII Papua terus meningkatkan sinergi dengan pemangku kepentingan di Provinsi Papua guna menyukseskan program JKN.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News