KPU Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024 kepada Pemilih Pemula

Rabu, 25 Januari 2023 – 08:47 WIB
KPU Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024 kepada Pemilih Pemula - JPNN.com Papua
Pelantikan panitia Pemunhutan suara tingkat kelurahan dan kampung se distrik Kota Jayapura, Selasa (24/1). Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemilihan umum (Pemilu) akan dilaksanakan secara serentak pada 14 Februari 2024.

Untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan tahapan-tahapan yang ditetapkan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pemilih pemula, guna meningkatkan partisipasi mereka. 

Sosialisasi mengenai Pemilu 2024 kini gencar dilaksanakan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat provinsi, kota dan kabupaten,  tidak terkecuali KPU Kota Jayapura.

Kota Jayapura juga dikenal dengan sebutan “Kota Seribu Pinang” karena kegemaran masyarakatnya mengunyah buah pinang. Jumlah penduduk Kota Jayapura menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2014 sebanyak 275,7 ribu jiwa.

Data BPS dalam Kota Jayapura Dalam Angka 2022, Kota Jayapura memiliki luas sekitar 940 kilometer persegi.

Dari luas tersebut, Kota Jayapura kemudian terbagi menjadi 5 distrik, yaitu Distrik Muara Tami, Distrik Heram, Distrik Abepura, Distrik Jayapura Selatan, dan Distrik Jayapura Utara.

Ketua KPU Kota Jayapura, Papua Oktovianus Injama di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sejak Januari 2020 hingga September 2022.

Sosialisasi tentang pemilu masih akan terus dilakukan KPU Kota Jayapura kepada warga hingga sebelum pelaksanaan pemungutan suara atau memasuki masa tenang.

KPU melaksanakan tahapan-tahapan yang ditetapkan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat, khususnya kalangan pemilih pemula pada Pemilu 2024 di Kota Jayapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News