Mensos Risma: Pengentasan Stunting Wujud Penerapan Sila-sila Pancasila

Kamis, 16 Februari 2023 – 23:55 WIB
Mensos Risma: Pengentasan Stunting Wujud Penerapan Sila-sila Pancasila - JPNN.com Papua
Tangkapan layar Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam Kick Off Meeting yang diikuti di Jakarta, Kamis (16/2/2022). Foto: ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyampaikan pengetasan stunting merupakan wujud nyata dari penerapan nilai baik sila-sila Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

“Saya menerjemahkan Pancasila di setiap langkah yang kita lakukan. Jadi gotong royong yang saya pegang membuktikan bahwa gotong royong bisa menghemat anggaran yang luar biasa besar,” kata Mensos Risma dalam Kick Off Meeting yang diikuti di Jakarta, Kamis (16/2).

Risma menuturkan meski permasalahan stunting banyak terjadi akibat kekurangan gizi kronis pada anak, namun aspek sosial dalam keluarga pun juga rentan menjadi salah satu faktor yang menimbulkan risiko stunting.

Dalam mempercepat penurunan stunting ataupun masalah sosial, Kementerian Sosial menggunakan pendekatan gotong royong.

Beberapa contoh yang dia sebutkan yaitu ketika terjadi bencana di Majene, Sulawesi Barat, terdapat sebuah sekolah di tengah kebun kelapa sawit yang rubuh.

Sekolah yang rubuh itu kemudian diberikan bantuan berupa tenda sebagai ganti tempat siswa untuk belajar, namun kembali rusak sehingga perlu diganti.

Kemensos dalam hal ini memprediksi jika anggaran bisa mencapai Rp 1 miliar 200 juta, namun dengan gotong royong anggaran jauh lebih rendah, hanya Rp 500 juta saja untuk membangun kembali tenda darurat itu.

Gotong royong, kata Risma, juga pihaknya terapkan saat membangun rumah layak huni di Kampung Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua agar anak tidak terkena infeksi berulang.

Mensos Tri Rismaharini menyampaikan pengetasan stunting merupakan wujud nyata dari penerapan nilai baik sila-sila Pancasila dalam kehidupan masyarakat.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia