Ekonom Soroti Target Investasi Pascapenerbitan Perpu Cipta Kerja

Rabu, 11 Januari 2023 – 12:05 WIB
Ekonom Soroti Target Investasi Pascapenerbitan Perpu Cipta Kerja - JPNN.com Papua
Investasi. Uang Rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad mengatakan target investasi senilai Rp 1.400 triliun terlalu tinggi. Lembaganya memproyeksikan realistisnya akan ada di angka Rp 1.300 triliun.

“Terlalu tinggi, saya kira memang tahun ini Rp 1.200 triliun atau Rp 1.300 triliun, realistisnya,” kata Tauhid, Selasa (10/1/2023).

Dia menambahkan investasi yang sudah masuk ke Indonesia jumlahnya sudah besar.

Menurut catatan BKPM, pada tahun 2022 sudah masuk investasi senilai hampir Rp 900 triliun ke Indonesia. Ini sebelum ada Perpu Cipta Kerja.

Sebelumnya, Menko Perekonomia Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah tengah mengatur budget defisit tahun 2023 kurang dari 3 persen dengan mengandalkan investasi yang ditargetkan mencapai Rp 1.400 triliun pada tahun 2023.

Oleh karena itu, pemerintah mendorong penerbitan Perpu Cipta Kerja sebagai bentuk kepastian hukum bagi investor.

“Nah Rp 1.400 triliun ini bukan angka yang biasa karena sebelumnya target APBN untuk investasi itu hanya sekitar Rp 900 triliun. Dengan demikian, ini dua tantangan yang harus dicapai, tidak mudah. Dan, seluruhnya karena pengusaha wait and see terhadap kepastian hukum dan keberlanjutan UU Cipta Kerja,” ujar Menko Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini.

Untuk itu, Tauhid mengatakan pemerintah harus mendorong investasi di sektor-sektor yang strategis dan positif.

Sektor yang juga menarik adalah sektor makanan dan minuman yang memiliki pangsa pasar besar dan pertumbuhannya selalu positif. 
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia