Wamendagri Minta MRP Terlibat Aktif Mengawal Investasi di Papua

Kamis, 09 November 2023 – 07:42 WIB
Wamendagri Minta MRP Terlibat Aktif Mengawal Investasi di Papua - JPNN.com Papua
Wakil Meteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo saat melantik 34 anggota MRP di Kantor Gubernur Papua, Selasa 7 November 2023. Foto: ANTARA/HO-Pemprov Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo meminta Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk terlibat aktif dalam mengawal masuknya investasi di Bumi Cenderawasih.

“MRP adalah lembaga yang dibentuk sebagai representasi kultural masyarakat asli Papua yang memiliki kewenangan dalam rangka perlindungan hak-hak asli orang Papua,” kata Wempi di Jayapura, Rabu (8/11/2023).

Menurut Wempi, MRP dapat membawa investasi masuk dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan, dan pemantapan kehidupan beragam di Papua.

“Salah satu tugas MRP yakni untuk memproteksi hak-hak orang asli Papua (OAP),” ujar Wempi.

Dia menjelaskan MRP memiliki tugas untuk memberi saran pertimbangan dan persetujuan terhadap rencana perjanjian kerjasama antara pemerintah dan pihak ketiga. Khususnya yang menyangkut perlindungan hak-hak orang asli Papua.

“Ini yang saya tekankan, MRP harus lebih aktif terlibat dalam menentukan orang luar yang berinvestasi di Papua sehingga harus ada persetujuan terlebih dahulu,” katanya.

Dia menambahkan anggota MRP yang dilantik dan dikukuhkan tersebut harus ikut mengawasi hal tersebut.

Sebab, keberpihakan anggota MRP sudah sangat jelas yaitu memproteksi hak-hak orang asli Papua.

Wamendagri John Wempi Wetipo meminta Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk terlibat aktif dalam mengawal masuknya investasi di Bumi Cenderawasih.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News