Filep Wamafma: Investasi Penting, tetapi Jangan Memarginalkan Masyarakat Adat dan OAP

Sabtu, 25 November 2023 – 09:07 WIB
Filep Wamafma: Investasi Penting, tetapi Jangan Memarginalkan Masyarakat Adat dan OAP - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menekankan pentingnya keterlibatan secara aktif masyarakat adat dan orang Asli Papua (OAP) dalam setiap investasi yang masuk di tanah Papua.

Di Papua Barat, saat ini investasi terus bertumbuh sebagaimana tercatat dalam data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi Papua Barat.

Berdasarkan data tersebut, pada bulan Juli 2023, realisasi investasi periode Januari-Juni 2023 atau Semester I mencapai Rp 970,112 miliar.

Capaian investasi terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) Rp328,074 miliar dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 642,038 miliar.

Presiden Jokowi telah sebelumnya meresmikan PSN Proyek Tangguh Train 3 dan tiga proyek hulu migas dan turunannya di Papua Barat.

Ketiganya adalah Proyek Ubadari CCUS, proyek hilirisasi Blue Ammonia dan Lapangan Migas Asap Kido Merah.

“Pertama, saya apresiasi kepada Presiden Jokowi yang membangun Papua, di antaranya dengan pendekatan investasi. Hal ini sangat bermanfaat terhadap keuangan nasional dan khususnya peningkatan PAD bagi provinsi dan kabupaten di tanah Papua,” ujar Filep, Jumat (24/11/2023).

Menurut Filep, investasi di Papua Barat itu penting, tetapi yang lebih penting adalah memastikan bahwa masyarakat adat dan OAP terlibat aktif dalam setiap investasi yang masuk, dari hulu sampai ke hilirnya.

Filep Wamafma menekankan pentingnya keterlibatan secara aktif masyarakat adat dan orang Asli Papua (OAP) dalam setiap investasi yang masuk di tanah Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia