BI Papua Barat Siapkan Uang Sebegini untuk Natal dan Tahun Baru

Senin, 26 Desember 2022 – 22:04 WIB
BI Papua Barat Siapkan Uang Sebegini untuk Natal dan Tahun Baru - JPNN.com Papua
Uang Rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Barat menyiapkan uang layak edar sebegini sebanyak Rp 1,59 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Papua Barat Rommy Sariu Tamawiwy menjelaskan terjadi peningkatan jumlah uang pada perayaan tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

“Ekonomi di Papua Barat sudah mulai menggeliat kembali sehingga kami melakukan penambahan dibanding dengan tahun sebelumnya," kata Rommy di Manokwari, Senin (26/12).

Dia menyebut peningkatan tersebut karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat dengan penurunan kasus aktif COVID-19 di wilayah Papua Barat.

Rommy menjelaskan saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, BI menyiapkan Rp1,47 triliun. Jumlah tersebut meningkat pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Untuk Natal 2022 dan tahun baru 2023 kita siapkan Rp 1,59 triliun untuk mengcover wilayah, mudah-mudahan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Papua Barat,” kata dia.

Untuk menghindari terjadi inflasi yang tinggi Bank Indonesia terus menyuarakan belanja bijak kepada masyarakat.

"Kunci yang harus dipegang dan selalu disuarakan oleh Bank Indonesia agar masyarakat berbelanja secara bijak, Sehingga tingkat konsumsi dan tabungan terjaga," kata Rommy.

Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Barat menyiapkan uang layak edar sebegini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News